Hati – hati kirim dengan ekspedisi

Pagi hari Tanggal 8 Desember 2011, saya dapat sharing yang menarik dari teman yang mengerti ekspedisi, berawal dari cerita saya yang pernah kirim barang kostum b0la menggunakan salah satu Ekpedisi terpercaya ke klien, kostum bola yang saya kirim totalnya 35 stel, tapi sampai ditangan klien ternyata hanya 34 stel, padahal sebelumnya sudah saya kroscek terlebih dahulu dan saya yakin itu. Akhirnya teman saya menceritakan bagaimana ekspedisi bekerja, berikut catatan dari saya :

Biasanya memang ada oknum ekpedisi yang nakal, jadi kita perlu hati-hati. Untuk diketahui, pihak ekspedisi darat biasanya akan membongkar paket yang dikirimkan, untuk hak membongkar / memeriksa paket terdapat dalam airways bill. Untuk paket udara tidak dibongkar karena melalui xray bandara.

Hal pembongkaran/ pemeriksaan paket sering dilakukan pihak ekspedisi untuk mengecek kebenaran isi paket, karena banyak juga pengirim menulis isi paket kaos ternyata ada blackberry di dalamnya, ini biasanya dilakukan untuk menghindari bayar asuransi / kena charge lebih mahal. Nah keadaan seperti ini yang sering dimanfaatkan oleh oknum ekspedisi.

Solusinya adalah kita harus buat dokumentasi pengiriman, saya foto keadaan dalam paket sebelum ditutup dan setelah ditutup. Pada saat klien terima kita anjurkan untuk foto keadaan paket tersebut. Jika dirasa janggalbisa laporkan ke pihak ekspedisi. Jika klien komplen tanpa bukti berarti tidak bisa diganti, tapi ini perlu diedukasi ke klient sebelumnya. Jadi disaat komplen kita mempunyai data sehingga kuat.

Jadi kita bisa lebih hati-hati dalam pengiriman dan bisa sama-sama menjaga antara si pengirim dan si penerima.

 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

