Memancing di Customer Segmen

Ilustrasi MancingCustomer merupakan nafas bagi setiap pelaku usaha, begitu pentingnya customer hingga sebagian pelaku usaha rela melakukan apa saja hingga terpontang panting untuk mendapatkan dan melayaninya, biasanya yang seperti ini  mereka yang tidak tahu sasaran tembaknya. Sebenarnya kita bisa saja mendapatkan dan memberikan kepuasan pelanggan tanpa harus menguras tenaga terlalu banyak, caranya adalah dengan menentukan Customer Segmen.

Menentukan Customer Segmen adalah bagian paling dasar dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam Bisnis Model kita harus tahu ini terlebih dahulu sebelum kita melangkah terlalu jauh, agar apa yang kita lakukan nanti lebih tepat sasaran dan tidak mengeluarkan tenaga dan biaya terlalu banyak untuk mendapatkan customer.

Saya coba analogikan dengan olahraga memancing agar lebih mudah dicerna dan diingat. Dalam olahraga memancing yang benar, terlebih dahulu kita harus tetapkan ikan apa yang akan menjadi target kita, karena dengan begitu membuat kita lebih mudah menerapkan strategi apa yang akan kita gunakan.

Jenis Ikan : Jenis ikan apa yang akan kita pancing? dengan begitu kita akan tahu makanan favorit ikan tersebut. Dalam usaha kita bisa menentukan kelompok orang seperti apa yang kita tuju dengan mengetahui kebiasaan, karakter, dan kesukaan, sehingga dengan mudah produk apa yang akan kita keluarkan, sebagai contoh : Pecinta Olahraga, Pecinta Kuliner, Pecinta Otomotif, Peminat Komputer, dll. Dari contoh ini bisa kita break down lagi lebih detail.

Besar Ikan : Setelah kita tahu jenis ikan, maka kita perlu tahu pula besar ikannya, karena kalau kita mau mancing ikan besar tidak mungkin kita menggunakan kail yang kecil, begitu pula sebaliknya. Dalam usaha kita bisa kelompokkan customer dari segi besar atau kecilnya pendapatan, dengan begitu kita bisa tahu harga yang pantas untuk produk kita dengan target yang kita tentukan.

Mungkin bisa saja kita dengan mudah menangkap semua ikan dengan menggunakan Jala, tetapi butuh waktu cukup lama merajut jala atau butuh biaya lebih mahal untuk membeli jala dan membutuhkan tenaga ekstra, begitupun di dunia usaha. Ini hanya sebagian kecil dari banyak cara menentukan Customer Segmen, hanya dengan terus belajar, berusaha dan berdoa maka kita bisa menemukan banyak cara untuk mencapai yang kita tuju.

=======
source gambar : sportfishingart.com
ari zuchri

nb :
kok gaya bahasa jadi berubah sih?
“Jangankan gaya bahasa, manusia saja bisa berubah kapan saja, bahkan hanya dalam hitungan detik”.

Iklan
  1. Ehmmmm…

    • wahh gak seru nih cuma ehhmmm doang, jadi gak tau benar salahnya, biar bikin penasaran yah? hehehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: