Karyawan yang perlu diwaspadai

Karyawan adalah salah satu aset bagi setiap pelaku wirausaha, apalagi karyawan tersebut memiliki potensi. Tapi mengelolanya tidaklah semudah yang kita bayangkan. Menurut pengalaman dan catatan ane, ada beberapa tipe karyawan yang bisa jadi acuan untuk berhati-hati. Yaitu sebagai berikut :

    1. Tipe Pendebat : Karyawan yang punya tipe kaya gini, biasanya kagak mau disalahin. Selalu melemparkan fokus permasalahan ke lawan bicara atau orang lain. “Itu sih tukang bordir sama sablonya yang bikin lama”, nah kata-kata yang kaya gini paling sering keluar dari mulut salah satu karyawan ane. Solusi yang ane ambil adalah : pendekatan secara pribadi, tapi kalau gak bisa berubah ane keluarin. Ane lebih seneng karyawan yang kemampuannya biasa aja tapi bisa kerja tim, ketimbang yang pinter tapi sombong dan gak bisa dikasih tau.
    2. Tipe Pengeluh : Nah yang tipe gini kebiasaannya biasanya kasbon alias ngutang. Kalau sekali-kali sih gak apa-apa. Hidup terasa selalu melankolis, sedih mulu gak pernah ada bahagianya (mungkin kebanyakan nonton sinetron kali yeee ^_^). Solusi yang ane ambil adalah : Pendekatan secara pribadi dan agamis. Ane biasanya cerita kalau ane juga pernah sulit, dan ane coba kasih solusi di setiap permasalahannya.
    3. Tipe Provokator : Nyimpen karyawan kaya gini lama-lama, sama aja nyimpen gantungan leher buat kita. Stabilitas usaha biasanya jadi terganggu kalo ada tipe karyawan seperti ini. Solusinya : Kasih peringatan, kalau gak bisa dibilangin yah keluarin.
    4. Tipe Pengkhianat : Nah yang kaya gini lebih serem lagi. Namanya usaha pasti ada sisi kelemahan. tapi kalo kelemahan itu di umbar ke kompetitor ataupun customer, ini bakalan bahaya. Solusinya : Gak ada solusi, keluarin aja langsung kalau ketemu.

4 bahaya laten ini yang baru ane temuin, mungkin sebenarnya masih banyak lagi. Semoga catatan ane ini bisa jadi cermin buat yang baca sekaligus yang nulis.

nb : Diambil dari pengalaman ane dan babe ane yang ngejalanin usaha konveksi.

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: